Minggu, 19 Juni 2011

Wisata Kuliner Pekalongan


Kabupaten Pekalongan merupakan kota wisata kuliner yang menyediakan aneka makanan tradisional seperti Taoto dan nasi megono. Taoto adalah sejenis soto yang dibuat dengan kuah taoco dan dengan daging serta jerohan kerbau. Sedangkan megono adalah cacahan nangka muda yang dibumbui parutan kelapa dan dikukus yang cocok dinikmati saat masih panas.

Megono
yaitu irisan nangka muda dengan bumbu sambal kelapa. Rasanya gurih dan pedas biasanya dihidangkan ketika masih panas dengan menu tambahan lalapan pete serta ikan goreng. Di Kabupaten Pekalongan bagian selatan biasanya makanan ini dibuat saat hajatan atau pesta yang kemudian diberikan untuk oleh-oleh para tamu undangan. Kebiasaan ini telah dilakukan turun temurun dari zaman daulu. Nasi ini dibungkus dengan daun jati atau juga bisa dengan daun pisang, dan mereka biasa menyebutnya dengan nama "Sego Gori" yang merupakan nama lain dari Megono.

Taoto
adalah sejenis sup daging berkuah kental khas pekalongan dengan bumbu khas Taoco yaitu kedelai yang dibusukan hingga kental.

Pindang Tetel
Sebetulnya makanan ini sejenis dengan soto juga, namun perbedaanya adalah pada bumbu kuahnya yang diolah dengan menggunakan buah pucung yang sudah masak.

Iwak Panggang
iwak yang artinya ikan. Ikan ini adalah ikan laut yang kemudian diolah dengan proses pengasapan, sehingga ikan tersebut akan berubah warna, rasa dan aroma. Bau ikan panggang ini sangat khas dan banyak kita jumpai di pasar-pasar tradisional Biasanya ikan panggang ini diolah dengan disambal, dipecak, disayur dan digoreng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar