Jumat, 09 April 2010

Objek wisata Linggoasri nan gemulai di lereng Rogo jembangan

Obyek wisata Linggoasri terletak 7 km dari Kota Kajen, ditepi jalan raya Pekalongan – Banjarnegara. Menempati area pengembangan seluas 8 ha, obyek wisata Linggoasri berada di antara wilayah pengembangan pariwisata Merapi-Merbabu dengan wilayah pegembangan pariwisata pantai utara bagian barat dengan melewati kawasan pegunungan Dieng. Dengan posisi yang sangat strategis berada dalam jalur pengembangan wisata Jawa Tengah tersebut, potensi bagi pengembangan kawasan Linggoasri sebagai obyek wisata menjadi sangat besar dan menjanjikan.

Obyek wisata Linggoasri berada di kawasan pegunungan dengan ketinggian 700 meter dpl. Sebagaimana daerah pegunungan lainnya, udara di kawasan Linggoasri cukup sejuk dengan suhu rata-rata 25 C serta memiliki lanskap alam yang mempesona dengan bentang alam yang berbukit-bukit di penuhi pepohonan hutan yang masih asri.

Selain kaya dengan panorama alamnya yang indah, Linggoasri juga menyimpan kekayaan budaya berupa artefak dan nilai-nilai tradisi yang masih dipertahankan oleh masyarakatnya hingga sekarang. Di lokasi Linggoasri terdapat situs peninggalan sejarah sisa kejayaan mataram hindu berupa Lingga-Yoni. Sementara itu kehidupan sosial-budaya masyarakat Linggoasri menampilkan kehidupan masyarakat pedesaan yang masih bersahaja dengan seperangkat nilai-nilai tradisi yang  masih dipraktekkan hingga saat ini seperti  tradisi sedekah bumi, dan Syawalan.

Perpaduan potensi alam, pegunungan dan hutan  serta kondisi masyarakat dengan keunikan tradisi yang dimiliki Linggoasri tersebut, telah membawa daerah ini  menjadi salah satu tempat yang menarik untuk di kunjungi dan dinikmati. Oleh karena itulah sejak tahun 2000, pemerintah Kabupaten Pekalongan menjadikan kawasan Linggoasri sebagai salah satu lokasi prioritas dalam pengembangan Pariwisata.

Namun seiring dengan keterbatasan yang dimiliki oleh pemerintah daerah baik keterbatasan SDM maupun dana dan lokasi daerah wisata yang ada, pengembangan kawasan wisata Linggoasri tidak dapat dilakukan secara optimal, melainkan secara bertahap sesuai dengan kemampuan daerah.  Hingga tahun 2005 hasil dari capaian pengembangan Obyek Wisata Linggoasri telah berhasil mewujudkan adanya berbagai sarana dan prasarana berupa fasilitas Kolam renang, Villa, Taman Bermain anak, Kebun binatang mini, Kolam pemancingan, Mushola, Ruang pengelola, MCK, tempat parkir dan panggung Kesenian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar